Mengasuh Anak Sambil Kuliah, Bersyukur Bisa Melakukannya

Bagi banyak karyawan, ini berarti bahwa ratusan email dan pesan chating sering mengganggu hari kerja. Saat bekerja di rumah, banyak orang berpikir bisa multitasking dengan melakukan pekerjaan rumah sambil bekerja. Probo menjelaskan, yang harus ditanamkan seorang ibu bekerja adalah tidak adanya orangtua pengganti. Maka dari itu, meski bekerja, orangtua pun harus memiliki program untuk sang anak dan memastikan bahwa aturan itu tetap dilaksanakan saat mereka bekerja. Namun, Klein dan Kuhhirt mengingatkan, jam kerja yang panjang dan stres akibat kerja bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas interaksi antara ibu dan anak. Padahal, interaksi antara ibu dan anak sangat penting, khususnya untuk keterampilan kognitif dan pertumbuhan bahasa.

Sementara itu, Celine Evangelista mengaku harus menghidupi dirinya sendiri setelah meninggalkan rumah Stefan William. “Entah, aku suka orang itu, tidak ada kriteria khusus, asal orang itu bisa membuatku nyaman, aku nyaman,” jelas Celine Evangelista. Bagaimana tidak, rumah tangga Celine Evangelista dan Stefan William yang jauh dari gosip miring, tiba-tiba runtuh.

Menyenangkan diri sendiri sangatlah penting untuk menyegarkan pikiran, sehingga Anda dapat kembali bersemangat menjalani rutinitas sehari-hari. Saling bertukar kabar dan beraneka cerita dengan orang lain di masa pandemi saat ini bisa jadi hiburan paling masuk akal untuk menghilangkan jenuh dan bosan. Jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal baik pada sesama sehingga energi positif tersebut bisa saling tersalurkan dengan baik. Di saat-saat seperti ini, memang rasanya agak sulit ya untuk berusaha tetap tenang. Namun, sebaiknya Anda harus memastikan untuk bersikap tenang saat mengasuh anak-anak di rumah apapun kondisinya. Jangan pernah mengungkapkan emosi negatif yang mungkin sedang Anda rasakan, seperti panik, takut, ataupun prasangka sepele.

Saat siang, Anda bisa bekerja sambil mengawasi kegiatan anak di rumah. Enning pun memilih untuk menitipkan anak pada asisten rumah tangga, yang dapat menjaga putrinya saat ia dan suami bekerja. Dulu, dia sempat khawatir, tapi semenjak duduk di bangku sekolah dasar, putrinya makin bisa membedakan antara yang baik dan buruk. Meskipun memiliki waktu kerja, kamu tetap bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan, membersihkan rumah, hingga mengurus anak. Terlebih pandemi virus corona telah membuat para ibu untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika pasangan selesai bekerja cukup malam, minta pasangan untuk gantian mengurus anak saat menjelang waktu tidur anak.

Bekerja sambil mengasuh

Dalam Konvensi Organisasi Pekerja Internasional tercantum bahwa cuti melahirkan selama 14 minggu dan penyediaan sarana pendukung ibu menyusui di tempat kerja wajib diadakan. Undang-Undang Perburuhan di Indonesia No.1 tahun 1951 memberikan cuti melahirkan selama 12 minggu dan kesempatan menyusui 2 x 30 menit dalam jam kerja. Namun ibu bekerja masih dianggap sebagai salah satu faktor penyebab tingginya angka kegagalan menyusui, padahal di negara-negara industri 45-60% tenaga kerja merupakan wanita usia produktif. Dia mengatakan, “Banyak orang tidak menyadari betapa sulitnya untuk berada di rumah, dan ada begitu banyak hal yang harus diurus, seperti mengatur jadwal anak, dan jadwal seluruh anggota keluarga.”