Cara Mengatur Waktu Bekerja Dengan Kuliah

Sebaiknya membuat jadwa jangan terlalu padat agar kamu bisa memiliki wakt santai. Jangan sampai terlambat mengumpulkan, maupun terlambat mengikuti ujian. Jika kamu tidak kunjung lulus, biaya buat kuliah juga bakal membengkak. Hanya saja, orang sibuk sepertimu punya waktu tertentu untuk bergembira. Mau pergi sendiri atau bersama teman, sesuaikan saja dengan ritme hatimu. Kamu harus memberitahukan kegiatan kuliah di waktu luang pada rekan tim atau chief.

Dengan demikian, Anda bisa melihat berapa banyak tugas yang sudah selesai dan mengatur jadwal untuk tugas lain yang masih menanti. Meskipun bekerja dan kuliah, kamu juga terkadang perlu refreshing. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk hang out. Kamu harus tetap bijak dalam menerima ajakan dari teman-teman kamu yang ingin mengajakmu bersenang-senang. Kamu harus paham dengan posisimu saat ini yang sedang bekerja dan kuliah. Kalau kamu terlalu boros dalam bersenang-senang, hal ini akan menguras tenaga dan membuat kemampuan fokus kamu dalam bekerja dan kuliah jadi kurang maksimal.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Menjalankan keduanya secara bersamaan bukanlah hal yang mudah, namun akan terbantu jika Anda bisa mengatur waktu. Usahakan juga untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu di kantor, dan gunakan waktu luang untuk mengerjakan tugas – tugas kuliah. Sesuaikan dengan banyaknya mata kuliah dan pekerjaan di kantor supaya Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kalau bisa, pilih jadwal kuliah dalam beberapa hari saja, sisanya bisa Anda gunakan untuk pergi ke kantor. Cari tahu kegiatan apa saja yang perlu Anda lakukan agar tujuan Anda bisa tercapai.

Sebisa mungkin, apapun yang terjadi tetap jaga komitmen untuk bisa menyelesaikan perjuangan, walaupun memang perjuangan kuliah sambil kerja itu sedikit lebih berat. Jika kamu termasuk mahasiswa yang within the kost sangat penting buat kamu untuk jaga kesehatan dan jaga pola makan. Selain tidak ada yang bisa merawat dan mengurus kamu saat sedang sakit, tugas-tugas dan kegiatan kuliah kamu pun akan terbengkalai nantinya. Belum lagi kamu harus periksa ke dokter dengan biaya yang tidak murah.

Keuntungan dari kerja paruh waktu selain meringankan biaya adalah, Anda bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda. Kemudian Anda juga memiliki kesempatan bagus untuk berbaur dengan masyarakat setempat. Apalagi jika Anda berkesempatan untuk magang di kantor, pengalaman kerja ini tentunya akan menambah nilai plus di saat Anda mencari kerja setelah lulus kuliah nanti. Di Indonesia sendiri, banyak universitas yang membuka program kuliah kelas karyawan. Keuntungan kuliah sambil kerja tersebut yaitu memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk dapat meningkatkan karir dengan tetap menyandang pendidikan tinggi. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa kuliah sambil kerja itu berat jika tidak dijalankan dengan maksimal dan sepenuh hati.