10 Langkah Merintis Usaha Sendiri Dari Nol Dengan Modal Kecil

Dengan demikian maka menjadi hak Eko untuk menjual sahamnya kepada Fadli atau tidak. Atau bisa juga ia menjual sebagian saja dan masih memiliki saham di PT Kuliner yang sudah dikuasai Fadli. Karena dengan masuknya Fadli yang pengusaha besar, tentu akan ada penyertaan modal baru dari Fadli yang jumlahnya besar dan akan menaikkan valuasi usaha. Jangan asal terima proyek, jangan kembangkan banyak produk untuk satu merek yang sama atau mengembangkan banyak bisnis sekaligus disaat Anda merintis usaha. Ada banyak orang yang menggap bahwa laundry kiloan merupakan salah satu jenis bisnis yang membutuhkan modal besar. Mesin cuci yang digunakan untuk mendukung bisnis ini tentu saja tak bisa yang asal-asalan, sebab kualitas pakaian pelanggan juga tetap harus dijaga sebagai bentuk komitmen kita.

Mulai dari tampilan antarmuka yang menawan, cerita muasal produknya, macam-macam produk yang dijual, dan di mana produk tersebut bisa didapatkan. Kami tak heran kalau web site ikut punya peran penting ke banyaknya lisensi yang terjual. Dengan website kesempatan Anda mengembangan bisnis jadi tak terbatas.

Sayangnya, hal ini cenderung menjadi proses yang berkelanjutan dan biayanya cukup mahal. Apakah kamu berpikir untuk berhenti dari pekerjaan kamu dan memulai usaha sendiri tetapi tidak yakin apakah itu keputusan yang tepat? Apakah kamu takut gagal atau mengecewakan orang yang kamu cintai? Tetapi jika Anda merasakannya dari dalam hati dan merasa gatal untuk memulai usaha sendiri, kamu harus melakukannya. Di bawah ini adalah alasan mengapa memulai usaha sendiri mungkin merupakan keputusan terbaik yang pernah kamu buat.

Ini membuktikan bahwa usaha konter masih tidak ditinggalkan dan mempunyai peluang untuk meraih kesuksesan. Jika kamu berminat dengan usaha ini, berikut rincian modalnya. Salah satu keunikan yang dimiliki bisnis kuliner adalah dapat dilakukan mulai dari skala terkecil. Jadi, pemula dengan modal minim pun masih dapat memulainya dengan mudah. Meskipun demikian, bukan berarti memulai usaha ini bisa dilakukan tanpa perencanaan.

Selama konsumen masih menjadi raja, produk Anda akan selalu dibandingkan dengan pesaing, dan inilah yang harus Anda cermati sebelum merilis produk. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

Pebisnis yang sukses memang tidak boleh takut mengambil resiko tapi mereka juga harus tetap realistis. Saat pertama kali memulai usaha, biasanya yang paling sulit dilakukan adalah menemukan pelanggan. Moms bisa memulainya dari lingkungan yang kecil dulu, yakni lingkungan sekitar Moms, seperti teman-teman, keluarga, serta kerabat.

Memulai usaha dari bawah

Salah satu bukti bisnis modal kecil bisa memberi untung besar adalah kisah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dilansir dari Detik, Susi memutuskan berhenti sekolah dan mulai menjalani usaha bermodalkan Rp 750 ribu. Selain usaha makanan, usaha minuman juga menarik untuk dilirik. Melalui minuman kreasimu, kamu juga bisa menciptakan tren baru daripada sekadar ikutan tren.

Anda bisa memulai usaha ini hanya dengan modal ratusan ribu rupiah. Keuntungannya bahkan berkisar 2-3 kali lipat dibandingkan modal awal. Modal untuk membuat usaha katering rumahan bisa disesuaikan dengan pesanan.